'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Syiar
Home » Syiar » KULTUM » Penghalang dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Penghalang dalam Kegiatan Belajar Mengajar
07 September 2021 12:21 WIB | dibaca 19
oleh: Safinah Rahmawati, S.Pd. (Ketua PRA Kleben Cabang Brebes)

Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah dilaksanakan dengan dikandung maksud siswa bisa menyerap ilmu yang disampaikan guru dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi akhir-akhir ini banyak kegagalan yang dialami guru dalam menyampaikan ilmunya, gagal dalam arti guru sudah menyampaikan sesuai rancangan dan sesuai kemampuan siswa tetapi sikap siswa sendirilah yang membuat dirinya tidak maksimal dalam menyerap ilmu yang disampaikan guru. Sikap siswa itulah yang menjadi penghalang tersampaikannya ilmu. Sikap tersebut antara lain:

  1.  Ilmu yang diterima siswa di sekolah tidak diulang kembali di rumah, siswa lebih suka belajar dengan sistem kebut semalam. tidak secara bertahap-tahap. dalam Al-Qur'an Surah  Al-Furqon: 32. Allah berfirman :"Dan orang-orang kafir berkata,'Mengapa Al-Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekaligus?' Demikianlah, agar kami memperteguh hatimu (Muhammad) dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (berangsur-angsur, perlahan-lahandan benar)

  2.  Semangat belajar yang menurun di kalangan siswa membuat kecerdasan menurun

  3.  Sikap siswa yang suka menunda-nunda pekerjaan. Padahal Allah sudah memerintahkan agar kita suka memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya,perintah itu disampaikan lewat Qur’an surah  At-Taubah : 105 : “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." ()

  4. Ilmu yang diterima hanya diendapkan dan tidak segera diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat.

  5. Bersikap sombong dan malu-malu

  6. Adanya kemaksiatan, ini merupakan penghalang terbesar dalam menuntut ilmu.

 

Kultum disampaikan pada pertemuan PCA pada hari Jumat tanggal 11 April 2014
Ditulis kembali oleh Reni Hartati -LPPA Brebes
 
Shared Post:
KULTUM Terbaru