'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Perempuan dan Politik Menyongsong Suksesi 2024
28 November 2021 21:23 WIB | dibaca 42

 

Brebes. ‘Aisyiyah.or.id - “Berbicara tentang politik perlu kiranya kita tengok apa yang terjadi sebelum terbentuk Negara Republik Indonesia. Bahwasanya sebelum terbentuk NKRI VOC dan Belanda telah menjajah kerajaan-kerajaan Islam mulai dari Aceh – Tidore. Dan kaum perempuan sudah mulai terjun ke dunia politik, sejarah mengatakan pada 22Desember 1928 telah dilaksnakan kongres perempuan yang pertama. Dalam konggres itulah terlihat bahwa perempuan mempunyai peran dalam BPUK.” Ujar Chusnul Mar’iyah dalam paparannya pada Webinar “Geliat Politik Perempuan” yang diselenggarakan oleh LPPA Wilayah Jawa Tengah, Ahad (28/11) melalui zoom Meeting.

Chusnul Mar’iyah, pakar politik menyampaikan bahwa perempuan seringkali dipinggirkan dalam proses politik, sebelum ditetapkannya kuota untuk perempuan, perempuan harus menunggu lama untuk bisa duduk di parlemen. Beliau juga mengatakan “ banyak sekali permasalahan di Negara ini yang berkaitan dengan kaum perempuan dan harus diperjuangkan serta diatasi”

“Perempuan mempunyai pilihan dalam berperan, mau masuk dalam pengambilan keputusan ataukah pelaksana keputusan. Partisipasi yang harus dilakukan Perempuan Menuju 2024 adalah menyiapkan kader dan kebijakan perempuan dan anak-2 serta keluarga yang berakhlak mulia.” Tambahnya

Yang harus dilakukan jika perempuan bisa masuk ke kancah politik sebagai pengambil keputusan
• Memahami rakyat yang diwakili
• Meningkatkan kualitas diri
• Mewakili rakyat untuk tujuan Ibadah dunia akherat
• Merumuskan strategi pemenangan pemilu.

Webinar diikuti 102 peserta yang terdiri dariunsur PDA dan LPPA se- jawa tengah.( Reni)

Shared Post: