'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
IGABA Brebes Kunjungi PAUD Aisyiyah Nur'Aeni Yogyakarta Untuk Studi Banding
13 Maret 2020 06:39 WIB | dibaca 405

 

Rabu, 11 Maret 2020.
PDA Majelis Dikdasmen Kabupaten Brebes bersama IGABA berkunjuk ke kota Gudeg Yogyakarta. Lokasi yang dituju adalah PAUD Aisyiyah Nur'Aeni yang tepatnya di Kecamatan Ngampilan. Kunjungan PDA ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam tentang pembelajaran di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur'Aeni. Rpmbongan dipimpin oleh Ibu Hj. Chunaesih, M.Pd. selaku ketua Majelis Dikdasmes PDA Brebes.

Rombongan berangkat dari Brebes sekitar pukul 20.00. dan langsung menuju Masjid JogoKaryan. Kunjungan yang bersifat studi banding ini diikuti oleh perwakilan IGABA masing-masing Cabang yng ada di wilayahBrebes.

Studi banding IGABA Brebes ke TK Aisyiyah Nur'aeni Yogya adalah salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam pembelajaran PAUD . Pembelajaran di TK Aisyiyah Nur'aeni sudah menggunakan pembelajaran  Berbasis STEM (Pijakan sebelum main). STEM adalah satu singkatan untuk Sains (Science) Teknologi (technology),Teknik ( engineering), Seni (art) dan Matematika ( nachematic). STEM sendiri menggambarkan peran seni dalam desain dan sains.

STEM adalah sebuah pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong siswa untuk berpikir  lebih luas tentang masalah di dunia nyata untuk mendukung pengalaman belajar yang berarti  dan pemecahan masalah.  sain,  teknologi, teknik, seni dan matematika saling terkait. Dalam model pendekatan STEM, seni tidak hanya dianggap sebagai subyek tersendiri, tetapi sebagai akses kesemua mata pelajaran lainnya dan sebagai  inovasi.

Meskipun di Brebes guru-guru belum mengimemplementasikan pembelajaran  tersebut, minimalnya Guru-guru paham  dan bisa melihat langsung pembelajaran berbasis STEM di PAUD Terpadu Aisyiyh Nur'Aeni..

Karena PAUD Terpadu Aisyiyh Nur'Aeni..yang sangat berbobot baik dari pengelola,  pendidik dan penyelenggaranya yang juga sangat mendukung , sehingga banyak diminati oleh kalangan pendidik PAUD dari segala penjuru.

Ibu Kis Rahayu, M. Pd sebagai pimpinan lembaga juga Narasumber yang sudah melaksanakan  TOT se DIY dan Diklat In Haus Training di DIY, bahkan bersedia memberikan bimbingan kepada TK Aisyiyah dimana saja,dan juga siap melayani guru magang di TK Aisyiyah Nur'aeni.

Dengan dilaksanakan studi banding ke Yogyakarta ini diharapkan  guru guru Aisyiyah Kabupaten Brebes terinspirasi untukm belajar demi  kemajuan TK Aisyiyah Brebes khususnya.Berbagai pertanyaan dari  IGABA Brrbes pada  saat diskusi diajukan hingga pukul 14.00. menandakan guru - guru Aisyiyah Kabupaten Brebes  semangat dalam mencari ilmu.
 
Untuk itu diharapkan semua penyelenggara di daerah Brebes agar selalu perhatianterhadap  pendidikan dan tidak akan tertinggal dari TK lainya.
Salah satu pertanyaan yang menarik dari TK Ketanggungan 1 tentang kesejukan kemampuan dan memiliki tanggung jawab dari penyelenggara sampai siswanya pun terlihat tanggung jawab dan semangat adalah dari 5 K (Konsensus,Komitmen,KKntineuw , Konsisten dan Kontrol).Uraian dari 5 ini mungkin salah satu usaha meningkatkan kualitas lembaga.
 
Sentra sentra yang dimiliki lembaga TK Aisyiyah di Brebes juga sudah bisa ada hanya belum diterapkan secara maksimal.
Sehingga majlis dikdasmen masih terus memprogramkan untuk terus mencari tahu, mencari ilmu, dengan cara workshop atau bimbingan berkala.
Diharapkan  program - program yangg sudah majelis lakukan akan bermanfaat bagi dunia pendidikan pada umumnya dan bagi kemajuan pendidikan Aisyiyah pada khususnya.
 
 
Berita dikirim oleh Dikdasmen PDA Brebes
Shared Post: