'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Green ‘Aisyiyah: Upaya Melestarikan dan Menjaga Bumi dari Perubahan Iklim
24 Juli 2021 21:28 WIB | dibaca 96

 

Brebes, Jawa Tengah - Bencana yang berkali – kali melanda Indonesia menggerakkan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yang bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan Webinar dengan tema “Green ‘Aisyiyah: Mengatasi Bencana Akibat Dampak Perubahan Iklim”.


Webinar ini diselenggarakan pada Jumat 23 Juli 2021 dengan menghadirkan tiga narasumber untuk menjelaskan mengenai dampak dari perubahan iklim dan penanggulangannya. Salah satu narasumber dari webinar ini adalah Laksmi Dhewanthi Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK.

 

Laksmi menyampaikan bahwa saat ini Indonesia dan seluruh komunitas global sudah mengalami tantangan perubahan iklim. Perubahan Iklim yang membawa dampak terganggunya ekosistem, penghidupan masyarakat, ekonomi dan berbagai bencana. Kondisi iklim dan geografis Indonesia mempunyai potensi bencana hidrometeorologi.
“ Dalam satu hari bisa terjadi bencana hidrometeorologi dari tempat yang berbeda-beda, dengan jenis bencana yang berbeda pula, ini merupakan tantangan terberat bagi kita,” ujar Laksmi. Beliau menjelaskan pula bahwa ada dua hal sebagai upaya pengendalian perubahan iklim, yaitu mitigasi (pencegahan) dan adaptasi (penyesuaian).

 

Laksmi Dewanthi berharap Jajaran ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia walaupun dalam satu gerakan yang sama yaitu Green ‘Aisyiyah, bisa memilih aksinya dalam upaya pengendalian perubahan iklim sesuai kondisi daerah masing-masing. Beliau juga yakin dengan adanya kebersamaan, tekad dan kepercayaan maka tantangan akan bisa terlampaui dengan baik.

Reni,LPPA Brebes
 

Shared Post: