'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Close Out Program TB-HIV Care ‘Aisyiyah Kabupaten Brebes
17 Desember 2020 17:03 WIB | dibaca 174

 

Amanat Muktamar ke- Aisiyah salah satunya adalah upaya penanggulangan Tuberculosa. Program penanggulangan TB ini mendapat dukungan dari lembaga donor maupun secara mandiri. Pimpinan Pusat Aisyiyah mengembangkan program ini di 33 Provinsi di Indonesia, yang kemudian oleh Provinsi dikembangkan ke darah-daerah.

Pimpinan Daerah Aisyiyah  Brebes merupakan salah satu daerah yang dipercaya untuk menjadi Sub-Sub Recipien  melaksanakan program penanggulangan  TBC di daerahnya. PDA sendiri mempercayakan Majelis Kesehatan untuk menangani langsung program ini. Sebgai SSR TB Care Aisyiyah Brebes sudah berkiprah sejak tahun 2016 dalam meningkatkan peran serta masyarakat untuk menemukan suspect dan mendampingi pengobatan pasien TB.

Pelatihan-pelatihan kader dilaksanakan di beberapa desa bekerjasama dengan puskesmas. Semula SSR Aisyiyah melaksanakan program di 10 kec, kemudian berkembang menjadi 15 kecamatan dan bekerjasama dengan 33 Puskesmasyang ada di daerah Brebes.  Mengenai dana, karena yang mendanai lembaga donor maka semua program mengikuti program pemberi dana.

Dan di penghujung tahun 2020 kerjasama dengan lembaga donor Global Fund berakhir maka SSR Aisiyah Brebes mengadakan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes  untuk alih kelola dan out program. Koordinasi di selenggarakan pada hari Kamis 17 Desember 2020 di Aula Dinas Kesehatan Brebes.

Dalam Kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan berita acara Program Penanggulangan Penyakit TBC serta penyerahan dokumn program oleh SSR TB-HIV Care Aisyiyah Brebes kepada Dinas kesehatan Kabupaten Brebes. Ibu Sa’diah selaku ketua  SSR TB Care juga menyerahkan Database kepada kepada ketua PDA brebes Ibu Nok Uripah.

 

 

Dengan ditutupnya program TB Care ini maka kerjasama PDA dengan Globalfund sudah berakhir. Namun program penanggulangan TBC belum berakhir. Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Brebes bertekad akan tetap melanjutkan program ini sampai tahun 2028. Adapun pelaksana ditunjuk oleh PDA masih Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH).

 

Pada acara Out Program TB- HIV Care tersebut disampaikan pula materi GRASS, yaitu Gerakan Aisyiyah Sehat. Gerakan yang mengajak Masyarakat untuk meningkatkan hidup sehat dengan memperhatikan gizi seimbang, lingkungan sekitar dan kebersihan. Masyarakat juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun berada.

Shared Post: