'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Persiapan Akreditasi TK ABA Slatri
09 September 2019 13:11 WIB | dibaca 122

      

 

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (assesment) sekolah secara sistematis dan komorehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal(visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Penilaian itu meliputi 8 Standar Nasional yang mencakup Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Prndidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasrana, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian dan Standar Pengelolaan.

Akreditasi sekolah bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu.  Hasil akreditasi menggambarkan mutu suatu lembaga. ... Dan, salah satu indikator kualitas atau mutu dapat diketahui melalui status akreditasi.

Melalui akreditasi, orang tua juga dapat mengetahui dan yakin serta merasa nyaman dengan legalitas sebuah lembaga yang telah diakreditasi. Jika belum diakreditasi, maka mutu dan legalitas sebuah lembaga (institution's quality and legal status) masih mengundang pertanyaan dari masyarakat. Disamping itu, orang tua dapat dengan mudah memilih sekolah jika dalam suatu kondisi tertentu harus memindahkan anaknya bersekolah. Mereka tentu akan memilih lembaga yang lebih berkualitas. Dan, salah satu indikator kualitas atau mutu dapat diketahui melalui status akreditasi. 

Oleh karena itu TK ABA Slatri menjelang visitasi harus melakukan persiapan sebaik-baiknya dansematang-matangnya agar memperoleh predikat minimal Baik. Untuk persiapan itu  maka majelis Dikdasmen PDA Kab. Brebes yang membawahi PAUD se-Kab. Brebes. merasa perlu memberi pembinaan dan memonitor  TK ABA Slatri untuk mengetahui sejauh mana kesiapannya.  

Ketua Dikdasmen Ibu Hj. Chunaesih, M.Pd. dan Ibu Hj. Chusrifiyah mengecek Persiapan Standar demi Standar.

Shared Post: